BELAJAR CARA MENJADI TRANSMIGRAN DARI CALON TRANSMIGRAN ASAL JAWA TENGAH

Senin, 11 November 2019 dini hari, rombongan Calon Transmigran dari Jawa Tengah tiba di Makasar. Sebanyak 8 Kepala Keluarga (KK) dengan total 27 jiwa dari Jawa Tengah berangkat transmigrasi ke UPT. Bekkae SP.2 yang terletak di Kab. Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Transmigran berasal dari Kab. Semarang  5 KK dan Kab. Kebumen 3 KK.

Perjalanan mereka hingga dapat bertransmigrasi tentunya tidak sesingkat yang terbayangkan, tetapi juga tidak sulit. Para Transmigran mendaftar melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kebumen untuk yang ber KTP Kebumen. Sedangkan yang ber KTP Kab. Semarang mendaftar melalui Dinas Tenaga Kerja Kab. Semarang. Selain itu untuk yang berprofesi sebagai TNI mendaftar melalui Kabupaten dengan rekomendasi dari Ajendam masing-masing. Proses pendaftaran sudah dimulai dari awal tahun, untuk kemudian dilakukan proses seleksi oleh masing-masing Dinas terkait ketransmigrasian di Kabupaten atau Kota.

Setelah terseleksi mereka mengikuti pelatihan yang diadakan Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta selama 7 hari pada bulan Mei s.d September  2019 untuk Kepala Keluarga. Sedangkan isteri calon transmigran mendapatkan pelatihan di Balai Latihan Kerja Pertanian dan Transmigrasi (BLKP dan Trans) Klampok Banjarnegara.

Puncaknya pada hari Sabtu, 9 November 2019 mereka berangkat bertransmigrasi. Rombongan calon transmigran dilepas secara seremonial oleh Kasi Transmigrasi , Wahyu Retno Pertiwi, S.H mewakili Plt. Kepala Disnakertrans Prov. Jateng. Acara pelepasan di Transito Tugu tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari Kemendes, PDT, dan Transmigrasi, Ernawati, SE Kasie. Pengangkutan, perwakilan dari Dinas terkait Ketransmigrasian Kab. Kebumen dan Kab. Semarang, serta perwakilan dari Mabes TNI dan Ajendam Diponegoro.

Rombongan berangkat menggunakan bus pada pukul 10 pagi dari Transito Tugu Semarang menuju Surabaya. Kemudian berganti armada Kapal menuju Makasar pukul 9 malam dan tiba pada Senin, 11 November 2019 pukul 2 dini hari. Selanjutnya menginap di BBLM Makasar dan melanjutkan perjalanan ke UPT Bekkae SP.2 Kab. Wajo Prov. Sulawesi Selatan.

Salam Transmigrasi

(Dini Hidayanti H, S.Sos, M.I.Kom, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Pertama)